Stress

 
 

Stress



10 cara terbaik menghilangkan stress dan kelelahan setelah bekerja

Sepanjang waktu kerja anda selama bertahun-tahun, pasti ada satu waktu dimana tubuh merasa benar-benar lelah dan frustasi. Keadaan ini semakin buruk jika anda merasa kelelahan dan frustasi lebih sering dari biasanya. Jangan sampai dibiarkan!

Idealnya, tubuh dan otak selalu dalam keadaan fresh demi menunjang performa anda dalam bekerja.  Tidak butuh waktu lama dan biaya mahal untuk kembali tampil bersinar. Seperti dilansir spotonlists, ada 10 cara terbaik menghilangkan stress dan kelelahan setelah bekerja. Untuk mengistirahatkan serta mengembalikan kesegaran tubuh dan otak secara cepat, mudah dan murah.

        1  . Makan coklat

Siapapun pasti setuju bahwa coklat bisa membuat tubuh lebih santai. Kandungan kafein dan phenyletilamine (feniletilamin) lah yang memberikan efek tenang pada kerja jantung dan aliran darah. Dalam setiap biji coklat, mengandung kurang lebih 31 persen lemak, 14 persen karbohidrat dan 9 persen protein. Protein coklat juga kaya asam amino triptofan, fenilalanin dan tyrosin. Uniknya, meski kandungan lemak pada coklat termasuk tinggi, namun coklat tidak mudah tengik karena dalam coklat juga terkandung 6 persen polyfenol yang berfungsi sebagai antioksidan dan memperlambat pembusukan. Lemak (mentega coklat), protein sayuran, kalium, magnesium, kalsium, natrium, zat besi, krom, dan vitamin A, B1, B2 (riboflavin), D, dan E adalah kandungan-kandungan lain dalam coklat yang menjadikan kado spesial valentine ini tetap menjadi makanan sehat. Asik kan?

        2. Tarik nafas dalam-dalam

Saat kita stress, aliran darah menuju otak tidak berjalan lancar sehingga membuat kerja jantung dan pengangkutan zat-zat yang dibutuhkan seluruh tubuh juga menjadi tidak baik. Menarik nafas dalam-dalam dapat membantu memberikan asupan oksigen ke otak. Apalagi anda melakukannya di tempat-tempat yang kaya akan oksigen seperti taman atau tempat yang banyak pohon-pohonan dan tanaman. Menarik nafas dalam-dalam selama kurang lebih 15 sampai 20 menit sudah cukup menenangkan tubuh.

        3. Menonton tayangan yang bisa membuat perasaan lebih baik

Cobalah cari tontonan yang bisa membuat kita tertawa atau senang. Hindari tontonan seperti sinetron atau laga karena semakin membuat otak tegang. Tertawa, dapat membuat otot-otot wajah dan beberapa bagian tubuh lainnya ‘berolahraga’ sehingga usai kita melakukan hal tersebut, perasaan jadi lebih plong. Tertawa juga terbukti meningkatkan hormon endorfin yang memberikan kebahagiaan.

        4. Minum minuman panas

Minuman panas terutama teh termasuk salah satu hal yang paling baik untuk menghilangkan stress dan membuat tubuh menjadi lebih santai. Ada beragam jenis teh yang ada di dunia, namun yang paling baik untuk merelaksasi tubuh adalah teh hijau. Katekin atau polyfenol teh sangat membantu untuk mengendalikan emosi.

        5. Tidur lebih cepat

Tidak ada cara yang lebih baik untuk meredakan kelelahan selain tidur. Minum segelas susu sebelum tidur dan tidur lebih cepat akan membuat kita jauh lebih segar ketika bangun keesokan harinya.

        6. Meditasi

Hampir mirip dengan bernafas dalam-dalam, meditasi memberikan asupan oksigen lebih banyak pada otak. Namun, dalam meditasi, gestur tubuh yang teratur membuat kerja organ tubuh lebih baik lagi. Jangan lupa nyalakan musik dengan beat lambat atau musik yang mengalun lembut. Pusatkan pikiran pada satu titik saat mata terpejam, diam. Dengarkan suara alam.

        7. Dengarkan musik

Sebaiknya lakukan hal ini setiap ada kesempatan. Walaupun sebentar, mendengarkan musik yang kita sukai terbukti membuat perasaan lebih nyaman dan bahagia. Jika kita mendengarkan musik pada pagi hari, sebaiknya pilih musik-musik dengan beat cepat karena musik sangat berperan membangun mood.

        8. Pijat

Saat ini bermacam-macam gaya teraphy dan pijat ditawarkan. Pilih saja yang paling kita suka. Biasanya, terapis akan menggunakan wangi-wangian atau lilin aromateraphy. Atau kita bisa lakukan sendiri di rumah dengan bantuan orang-orang terdekat. Dijamin menyegarkan!

        9. Berendam

Jika anda memilih cara ini, jangan lupa taburkan garam mandi dalam bathup. Garam mandi diketahui memiliki kandungan yang bisa memuluskan kulit serta mengangkat sel-sel mati. Boleh juga dengan bunga. Gunakan air hangat karena air hangat akan membantu memperlancar aliran darah  anda serta memberikan efek rileks.

        10. Olahraga

Lakukan ini jika anda stress namun masih memiliki tenaga. Berolahraga saat tubuh kelelahan, tidaklah membuat kondisi tubuh semakin baik, malah membuat anda sakit. Lakukan olahraga yang santai seperti joging, berenang atau fitness. Off road atau balapan boleh juga sekali-kali. (Sumber : lensaindonesia.com)

 

 

COKRIMUN (SEAWEED CHOCOLATE)

2